c360_2016-12-27-16-54-38-3971

Menikmati Pesona Tanah Parahyangan dari Puncak Sawiyah

c360_2016-12-27-16-54-38-3971

Tanah Parahyangan atau Priangan identik dengan kawasan pegunungan di kawasan Jawa Barat. Tanah Pegunungan Priangan atau Parahyangan sambung menyambung dari barat ke timur, serta puncak-puncak pegunungannya bertebaran laksana sedang melaksanakan rapat abadi seperti apa yang ditulis oleh sastawan Pramoedya Ananta Toer dalam Bukunya Jalan Raya Pos: Jalan Daendels dalam chapter ‘Priangan’ merupakan pesona alam yang sangat luar biasa untuk dinikmati, tak salah seorang Fenomenolog, Psikolog serta budayan kelahiran Belanda M.A.W Brouwer menyebutkan bahwa ‘Tanah Pasundan/Parahyangan lahir ketika Tuhan sedang tersenyum’. Salah satu tempat yang tepat untuk menikmati pesona pegungan tanah Priangan adalah di Puncak Sawiyah, satu tempat yang muncul dan banyak di perbicangkan di media sosial pada tahun 2016.

c360_2016-12-27-16-55-30-2751

Puncak Sawiyah adalah sebuah blok perkebunan yang terletak di Desa Sangiang Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka. Puncak Sawiyah berada tepat berbatasan langsung dengan hutan lindung yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) dengan ketinggian kurang lebih 1300 diatas permukaan laut, hal itu menjadikan kawasan Puncak Sawiyah memiliki udara sejuk cenderung dingin. Puncak sawiyah belum sepenuhnya di kelola menjadi objek wisata sehingga bila baraya berkunjung menuju objek wisata ini memiliki keterbatasan kegiatan wisata. Namun hal tersebut tidak menjadi masalah bagi mereka yang menyukai alam pegunungan dan pesona panorama alam, Puncak Sawiyah memiliki itu semua, Udara yang sejuk tanah yang subur serta melihat aktivitas para petani bercocok tanam adalah sebuah hal yang menentramkan hati dan pikiran setelah berkecimpung dengan aktivitas di perkotaan.  Puncak Sawiyah memiliki pesona alam yang menggumkan, hampir seluruh kawasan pegunungan di Tanah Priangan dapat di lihat dengan jelas dari kawasan ini. Puncak-puncak gunung seperti Cakrabuana, Galunggung, Talaga Bodas, Cikurai, Papandayan, dan lainnya dapat dilihat dengan jelas bila cuaca cerah, seperti pada pagi hari. Bila memandag arah berlawanan dengan panorama tersebut tampak Gunung Gegerhalang dan Gunung Ciremai yang kokoh menjulang dan rimbun dengan hutan lindungnya.

c360_2016-12-27-16-53-52-0141

Puncak Sawiyah sebenarnya tidak hanya memiliki pesona alam, bila baraya sedang dengan wisata tracking, baraya bisa meneruskan perjalanan dari Puncak Sawiyah masuk kedalam hutan lindung TNGC menuju sebuah air terjun yang dikenal dengan nama Curug Sawiyah atau Curug Genclang yang dapat ditempuh +- 40 menit dengan berjalan kaki dengan track yang masih alami. Harap berhati-hati bila kondisi hujan atau setelah hujan karena dipastikan jalan menuju curug ini akan semakin licin.

c360_2016-12-27-16-57-19-5861

c360_2016-12-27-13-56-29-9781

 

Lokasi: Blok Sawiyah Desa Sangiang Kecamatan Banjaran.

Rute:

  1. Jalan Maja-Talaga – Belok kiri setelah SPBU Tegalsari- Desa Sukasari – Desa Sagara – Desa Tejamulya – Desa Cibunut (pertigaan belok kanan menuju Sangiang) – Blok Pasir Bitung (pertigaan belok kiri) – Blok Sawiyah (belok kiri jalan ada plang puncak sawiyah, dari jalan menuju Puncak Sawiyah sekitar +- 1700 meter).
  2. Jalan Maja-Talaga – Desa Cihaur- Masuk Gada-gada Situ Sangiang- Situ Sangiang (lepas situ sangiang ada pertigaan lurus terus – Blok Pasir Bitung (pertigaan belok kiri) – Blok Sawiyah (belok kiri jalan ada plang puncak sawiyah, dari jalan menuju Puncak Sawiyah sekitar +- 1700 meter).

Jarak menuju Puncak Sawiyah dari Pusat Kota Majalengka sekitar +- 25 KM ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan. Tidak ada transportasi umu menuju Puncak Sawiyah, hanya bisa diakses menggunakan kendaran pribadi/kendaran carter (bak terbuka)

Tiket Masuk: Rp. 5.000,-.

 

Text: Admin @infomjlk

Foto: Admin @infomjlk

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s