dsc_1695

Kebun Mawar Sadarehe, Pesona Lainnya dari Majalengka

Tanah subur Gunung Ciremai menjadikan Majalengka memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan, salah satunya adalah Perkebunan Bunga Mawar. Ya, Majalengka kini memiliki perkebunan bunga mawar tidak kalah seperti yang ada di Cihideung Bandung maupun Situhapa Garut. Perkebunan Mawar Majalengka tempatnya ada di Blok Sadarehe Desa Payung Kecamatan Rajagaluh. (Baca: Kebun The Sadarehe, Panorama Kebun Teh di Gunung Ciremai).

sumber foto: infomjlk
sumber foto: infomjlk

Perkebunan Mawar di Blok Sadarehe Rajagaluh Berjarak +- 28 KM dari pusat Kota Majalengka atau +- 15 KM dari Rajagaluh. Rute menuju Kebun Teh Sadarehe adalah Majalengka-Rajagaluh-Jembatan Ciputri Rajagaluh bekok kanan-menuju arah Pajajar-Pertigaan Rajagaluh Kidul belok kiri arah Singawada/Sindangpano-bertemu pertigaan pertama belok kanan arah Sadomas/Sindangpano lurus ikuti jalan berhotmiks tersebut menuju arah Sindangpano/Payung-Ujung jalan tersebut merupakan perempatan lalu belok kiri-ada percabangan ambil kanan atau bisa tanyakan arah menuju Sadarehe-pertigaan Badakdua belok kanan lurus ikuti jalan tersebut sampai Sadarehe. Jalan menuju Sadarehe menanjak dan berkelok, agak sulit untuk kendaraan roda 4 jika berpapasan. Tidak ada kendaraan umum menuju Sadarehe hanya bisa di tempuh oleh kendaraan pribadi baik motor maupun mobil.

Sumbe foto: Admin @infoMJLK
Sumbe foto: Admin @infoMJLK

Kebun Mawar Sadarehe sudah ada sejak sekitar 3 tahun lalu, dimiliki oleh pengusaha lokal yang kini telah menjadi warga Majalengka, lokasi kebun mawar berada di belakang bangunan Belanda sisa Perkebunan kina dan teh era penjajahan Belanda. Kebun Mawar Sadarehe memiliki luas kurang lebih setengah hektar dan berada di dalam sebuah bangunan yang terbuat dari bambu yang berfungsi untuk melindungi bunga mawar dari hujan dan panas terik matahari. Bunga mawar yang terdapat di Kebun Mawar Sadarehe memiliki beragam warna diantaranya kuning, merah, peach, ungu dan lainnya. Bunga ini dipanen pagi dan sore hari dan biasanya dikirimdan dijual ke toko-toko yang ada di Cirebon, Indramayu, Majalengka dan daerah lainnya.

sumber foto (infomjlk)
sumber foto (infomjlk)

Buat Baraya yang ingin berkujung ke Kebun Mawar Sadarehe harap pengertiannya, karena ini merupakan tempat usaha, maka jangan sembarangan petik bunga mawar yang ada disana ya, apa lagi sampai merusak tanaman mawarnya kalo ingin mawar yang ada disana, baraya bisa memberitahu kepada pengelola yang ada disana. Kalo stok bunga mawar sedang banyak maka baraya bisa membelinya pertangkai atau bahkan kodi-an. Tapi kalo tidak harap dimaklum ya, dan baraya cukup melihat-lihat dan  nikmati keindahan kebun mawar Sadarehe ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s