DSC_1970

Cadas Gantung, Menikmati Sisi Lain Lanskap Majalengka dari Pegunungan Kromong

Cadas Gantung, salah satu destinasi wisata baru di Majalengka. Mulai muncul dari  jejaring media sosial hingga pada akhirnya Karang Taruna di Desa Mirat mulai menjadikannya objek wisata mulai awal tahun 2016. Cadas Gantung terletak di Desa Mirat Kecamatan Leuwimunding. Menuju lokasi ini dapat diakses dari Jalan Raya Rajagaluh-Prapatan Baraya bisa masuk melalu sebuah jalan disamping SDN Mirat III, itu jalan tersebut kurang lebih sejauh 1 KM, tak usah khawatir tersesat banyak petunjuk arah menuju lokasi parkir Cadas Gantung. Lokasi parkir Cadas Gantung berada di ujung jalan tersebut atau berada di dekat sebuah mata air. Biaya parkir cukup mengeluarkan Rp.3000 saja. Dari tempat parkir tersebut baraya harus berjalanan kaki sejauh +- 500 meter menuju puncak Cadas Gantung.

Track Menuju Puncak Cadas Gantung
Track Menuju Puncak Cadas Gantung

Cadas Gantung berada di kaki Gunung/Bukit Sanghyang Dora (385mdpl) bagian dari Pegunungan Kromong yang menjadi batas alam antara Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Cirebon. Puncak Cadas Gantung merupakan bebatuan yang cukup besar dan menonjol ke arah jurang Bukit Sanghyang Dora, mungkin ini sebabnya disebut Cadas Gantung, karena adanya bebatuan yang  seakan-akan menggantung di tepi jurang.

Cadas Gantung
Cadas Gantung

Menikmati Panorama Laskap dari Cadas Gantung begitu mempesona, ada dua sisi panorama yang bisa Baraya liat, bila kita melihat ke arah timur nampak Gunung Kromong (589 mdpl) tinggap menjulang, dan tentunya Gunung Sanghyang Dora yang tebing batunya menjulang dihadapan baraya. Bila Baraya menghadap ke arah barat, akan terhampar daratan rendah Majalengka, seperti kawasan Leuwimunding, Palasah, Sumberjaya bahkan Jatiwangi, ini adalah kebalikan apa yang biasa baraya lihat dari Puncak Gunung Panten di area Paralayang. Itulah mengapa kita bisa melihat sisi panorama lanskap Majalengka dari sisi yang lain dari Cadas Gantung ini.

Pamorama Sisi Timur Cadas Gantung
Pamorama Sisi Timur Cadas Gantung
Panorama Cadas Gantung

Tips mengunjungi Cadas Gantung bagii baraya yang akan berkunjung kesini, sebaiknya datang menggunakan kendaran R2, karena akses yang lebih mudah dan lahan parkir yang lebih banyak tersedia. Siapkan kondisi fisik yang prima karena baraya harus mendaki untuk mencapai Puncak Cadas Gantung. Ada baiknya gunakan alas kaki berupa Sandal Gunung atau Sepatu, untuk cemilan atau air mineral jangan khawatir tersedia beberapa warung milik penduduk di beberapa titik menuju puncak Cadas Gantung, warung tersebut ibarat pos pemberhentian pendakian bila baraya hendak beristirahat menuju puncak Cadas Gantung.

Panorama Cadas Gantung sisi Barat
Panorama Cadas Gantung sisi Barat

 

Text: @infomjlk

Foto: @infomjlk

Copyright @InfoMJLK 2016

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s