IMG_2745

Curug Embun Pelangi, Pesona ‘Green Canyon’ Majalengka Yang Kembali Kepada Kesunyian

Curug atau air terjun sempat menjadi perbincangan hangat, terutama di media sosial dan internet. Ya Curug Embun Pelangi, Curug yang pesonanya muncul kurang lebih 2 tahun kebelakang setelah ada sekelompok pencinta fotografi menshare fotonya ke @infomjlk. Foto tersebut menampilkan panorama sebuah air terjun dan aliran sungai yang di apit dua tebing tinggi yang kemudian di ranah media sosial dikenal sebagai ‘Green Canyon’ dari Majalengka. Tempat ini semakin terkenal tatkala curug ini kembali diperkenalkan oleh para pencinta alam.

Curug Embun Pelangi
Curug Embun Pelangi

Curug Embun Pelangi atau warga sekitar biasa menyebutnya Curug Ibun terletak di Desa Sukadana Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka. Menuju lokasinya sangat mudah, jalurnya sama dengan jalur menuJu Argalingga atau Curug Muara Jaya/Apuy, atau kurang lebih 3 KM dari Kota Kecamatan Maja.

Menuju lokasi baraya harus berjalan dari jalan penghubung Maja-Apuy, melewati ladang sayur-mayur milik warga kemudian harus menuruni tangga, harap berhati hati dikarenakan cukup curam lebih baik berpegangan ke pagar bambu yang sudah dibuat oleh warga sekitar. Tangga menuju dasar sungai masih terbuat dari tanah dan juga bambu.

'Green Canyon' Majalengka

Mengapa dinamakan Curug Embun Pelangi dikarenakan embun akibat jatuhnya air sungai tersebut terkena cahaya matahari sehingga muncul pelangi disekitar curug, akan tetapi pelangi ini hanya muncul ketika hari cerah. Selain melihat air terjun, baraya bisa panorama tebing batu cadas yang mengapit sungai Cilongkrang. Berbeda pada saat Curug Ibun Pelangi ramai pada awal kemunculannya, kini Curug ini menjadi sepi kembali seperti semula, hanya beberapa pengunjung saya yang datang kembali. Hal ini dikarenakan musibah air bah di Goa Lalay yang menimbulkan korban jiwa sekitar bulan Januari 2015. Jadi Ada baiknya juga Baraya akan berkunjung ke Air Terjun ini pada saat kondisi cuaca cerah atau bahkan musim kemarau, karena bila cuaca hujan dikhawatirkan datangnya air bah.

@infomjlk

 

Text: Admin | Foto: Admin

Copyright @2016 @InfoMJLK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s