2014-08-23 16.34.48

Libur Akhir Pekan di Majalengka

Weekend atau akhir pekan biasanya menjadi waktu yang cocok untuk belibur dan jalan-jalan. Bila baraya bosan dengan weekend akhir pekan ke kota besar dan tempat yang itu-itu saja, bisa di coba jalan-jalan ke Majalengka. Majalengka? Yah Majalengka memberikan panorama cantik buat baraya nikmati. Majalengka menjadi halaman bagian barat dari gunung tertinggi di Jawa Barat, Ciremai.

Majalengka bisa diakses dari Ibukota Jakarta cukup berkendara 2-2,5 jam via jalan tol Cipali, bila baraya dari Bandung cukup 3 jam saja melalui jalur darat kalo dari Cirebon cukup 1 jam saja. Bila baraya sabtu pagi ke Majalengka baraya bisa menikmati beberapa objek wisata, salah satunya di wilayah Rajagaluh atau Sindawangi.

#Hari Pertama

Baraya bisa menikmati beberapa objek wisata di kawasan timur Majalengka yang berada di Rajagaluh dan Sindangwangi diantaranya

  1. Curug Tonjong

DSC_1046

Curug Tonjong berada di Desa Teja Rajagaluh. Curug atau Air Terjun Tonjong setinggi 5 meter dengan air yang cukup bersih dan berarus deras sangat menawan untuk dinikmati, kalo baraya bawa bekal baju bisa juga bermain air di daerah yang diperbolehkan oleh pengelola wisata. Infrastruktur cukup lengkap dengan ditambah warung-warung dan saung yang semakin memanjakan pengunjung untuk betah berlama-lama di Air Terjun ini.

  1. Hutan Lindung Patilasan Pajajar dan Situ Cipadung.

DSC_1048

Objek wisata ini menawarkan kesegaran dan panorama hutan lindung yang lebat yang jarang baraya temukan di kota besar. Hutan Lindung dan Situ Cipadung berada di Desa Pajajar Rajagaluh. Hutan lidung ini merupakan tempat yang konon menjadi tempat pertapaan dari Raja Termasyur di Tatar Sunda, Prabu Siliwangi, yang kini tempatnya beliau bertapa banyak di ziarahi oleh masyarakat . Selain itu kawasan ini menjadi banyak terdapat mata air bersih dan menyegarakan, walau musim kemarau sekalipun tidak akan  kering. Bila baraya sudah puas dengan hutan lindung ini, tak salahnya menikmati Situ Cipadung yang berada di sebelah barat hutan lindung, disini juga tersedia perahu gowes, jadi baraya bisa menikmati danau ini dengan berlayar.

  1. Talaga Herang dan Talaga Nila

IMG_20150401_080427[1]

Talaga Herang sudah tersohor sejak dulu sebagai wisata andalan Majalengka, obejek wisata ini berada di Desa Jerukleueut Sindangwangi. Tak hanya panorama danau yang memanjakan mata, danau ini seolah mengajak pengunjung untuk beramain dan berenanang disana. Namun hati-hatinya danau dibeberapa tempat agak dalam, jadi pastikan baraya sudah jagp berenang.

Kalo Talaga Nila berada di Desa Padaherang tapi tidak begitu jauh dari Talaga Herang hanya berajarak +- 500 meter kea rah selatan. Talaga Nila menawarkan danau alami yang airnya berwarna biru dan terkadang biru kehijauan, nah sangat unik kan?

  1. Curug Cipeuteuy

@copyrightInfoMJLK

Air terjun ini berada di Desa Bantaragung Sindangwangi, berjarak 6 Km dari jarak utama Rajagaluh-Cirebon. Curug Cipeuteuy merupakan air terjun buatan namun dikemas secara apik dan keren. Air terjun ini berada di Hutan Pinus dan ditata dengan apik, dengan adanya kolam yang dibuat ibarat kolam renang alami, Jadi  jangan lupa kesini kalo ke Majalengka baraya.

Wisata lainnya yang bisa di kunjungi adalah Curug Baligo, Curug Leles dan Kolam Renang Tirta Indah.

Sore hari Baraya bisa meluncur ke Majalengka Kota untuk mencari penginapan, walau belum ada hotel berbintang disini, namun sudah banyak hotel yang menyediakan fasilitas cukup baik. Untuk malam harinya baraya bisa berwisata kuliner di Pasar Mambo atau jalan-jalan malam di Alun-alun Majalengka, Asiknya bermalam minggu di Majalengka

 

#Hari Kedua

Memulai liburan akhir pekan di Majalengka, baraya bisa memilihnya. Bisa melihat Sunrise di Area Take off Paralayang (Panten Pass) atau berolahraga di Alun-alun atau Taman Dirgantara kalo sarapan bisa di kawasan Pasar Balong atau Pasar Kaget/CFD di Alun-alun Majalengka, So silahkan dipilih. Setelah sarapan siap-siap untuk melanjutkan wisata di hari kedua, baraya bisa pilih rokemen dari kami atau kedua-duanya dikunjungi.

  1. Wana Wisata Gunung Panten dan Curug Sempong

2014-06-03 17.15.34

Wisata ini menawarkan Hutan Lindung dan yang terutama adalah area take off paralayang dan gantole Gunung Panten, letaknya yang tidak begitu jauh dari pusat kota Majalengka menjadikan tempat ini favorit untuk dikunjungi. Tak hanya bisa menikmati panorama landscape Majalengka Kota dari ketinggian bila ada kesempatan baraya juga bisa terbang dari sini dengan Paralayang atau Gantole, menantang bukan?

DSC_0140 - Copy

Selain Wana Wisata Panten, di Desa Sidamukti juga terdapat wisata air terjun yaitu Curug Sempong, air terjun alami yang berada di sebuah ceruk tebing, selain itu diwaktu-waktu tertentu air di air terjun ini cukup bening.

2. Curug Muara Jaya

@CopyRight InfoMJLK

Air Terjun ini berada di Desa Argamukti Argapura, terletak di kaki Gunung Ciremai, otomatis udara di sini sangat sejuk ditambah panorama alam yang keren. Air terjun ini berjumlah 2 tingkat, tingkat pertama memiliki ketinggian sekitar 75 meter dan yang kedua 5 meter. Dengan air yang dingin sangat menggoda untuk bermain air. Untuk menuju air terjun baraya harus menuruni ratusan anak tangga, walau membuat cape namun terbayar lunas dengan Kenindahan curug ini.

3. Situ Sangiang

Panorama Situ Sangiang dan Gunung Ciremai

Danau ini berada di Desa Sangiang Banjaran, sekitar 45 menit dari Majalengka Kota. Danau ini erat kaitannya dengan Kerajaan Talaga Manggung, sehingga danau ini juga merupakan tempat ziarah dari Masyarakat. Danau ini berada kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai, serta dilingkup oleh hutan lindung yang lebat. Danau ini juga danau alami terluas di Majalengka, bila cuaca cerah akan terlihat puncak gunung Ciremai dari balik rimbunnya hutan di sisi danau ini, sangat menggoda diabadikan untuk foto.

Bila anda masih punya waktu banyak bisa juga anda berkunjung ke Museum Talaga Manggung, disana baraya bisa belajar sejarah dan melihat peninggalan Kerajaan Talaga Manggung dari era Kerajaan Budha hingga menjadi Kerajaan Islam.

Tak afdol rasanya bila berkunjung Majalengka tanpa mebawa buah tangan, Baraya bia membawa aneka macam oleh-oleh khas Majalengka seperti Kecap, Mangga Gedong, Jambu Panyingkiran aneka kripik dan lainnya, baraya bisa mendapatkan di Toko Oleh-oleh di sekitar Kelurahan Cijati, Tonjong, atau Cigasong. Bila ini memiliki batik Majalengka, baraya bisa berkunjung ke Outlet Batik Majalengka di Kawasan Panyinkiran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s