IMG_2720

Keindahan Tersembunyi Situ Janawi

Situ Janawi? Mungkin sebagaian baraya baru mendengarnya bukan? Situ Janawi adalah sebuah danau yang terletak di Desa Payung Kecamatan Rajagaluh. Rute menuju Desa Payung yang paling mudah tentunya harus melewati Rajagaluh. Dari Rajagaluh gunakan jalur menuju Waduk atau Bendiungan Sindangpano lalu lanjut ke arah selatan sampai Ke Desa Payung. Jalan menuju ke  Desa Payung ini cukup baik, namun agak sempit terutama untuk kendaran roda empat jadi harap berhati-hati ya.  Setelah baraya sampai di ujung jalan yang merupakan sebuah pertigaan jalan, ambil ke arah kanan menuju Balai Desa Payung, nah perhatikan jalan sebelah kiri, ada jalan sempit yang di sampingnya terdapat saluran air yang cukup deras, baraya bisa belok lalu tak jauh sekitar 100 meter baraya akan langsung berada di sisi Situ Janawi

IMG_2720 Situ Janawi sebuah danau yang cukup luas sekitar kurang lebih 1 hektar. Danau ini dikelilingi pemukiman hanya di sebalah selatan yang dibatasi oleh perbukitan. Situ Janawi berbentuk agak bulat dan mempunyai danau kecil di tengahnya. Air danau Janawi pada dasarnya bening hanya saja sebagian permukaan danau ditutupi oleh tanaman air seperti rumput dan eceng gondok. Tampaknya Situ Janawi sempat mengalami masa kejayaan namun sekarang kondisinya agak tidak terawatt, namun bagi baraya yang suka dengan panorama danau hal tersebut bukan halangan untuk datang ke danau ini.

Keindahan Janawi sebenaranya adalah adanya mata air-nya. Mata air inilah yang sebenarnya bernama Janawi, yang konon berasal dari kata Janavhi atau telaga suci yang kabarnya merupakan tempat suci dari Kerajaan Rajagaluh pada masa lalu. Mata air ini sangat jernih dan derah yang keluar dari sela-sela bebatuan di perbukitan. Tentunya dengan air yang bersih nan bening sangat menggoda untuk bermain atau berenang bukan.  Jadi kapan baraya main ke Janawi?

IMG_2718

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s