PicsArt_1440204436791[1]

Menikmati Olahraga Dirgantara di Majalengka

Olahraga udara satu ini cukup terkenal akhir-akhir ini di Majalengka. Olahraga dirgantara terdiri dari beberapa macam, diantaranya terdiri dari Paralayang dan Gantole. Kedua olahraga ini mulai berkembang sejak dibukanya area take off di kawasan Gunung Panten di barat daya Majalengka Kota atau tepatnya di antara Desa Sidamukti dan Kelurahan Munjul. Selain dipergunakan untuk tempat take off paralayang dan gantolle, tempat ini juga menjadi tempat yang cocok untuk memanjakan mata dengan melihat panorama Kota Majalengka dan sekitarnya, serta tak ketinggalan menikmati kokohnya Gunung Ciremai.

2014-06-03 16.34.21

Paralayang atau Paragliding adalah olahraga terbang bebas dengan menggunakan parasaut dan lepas landing menggunakan kaki. Tempat lepas landas paralayang tenrunya berada di lereng bukit ataugunung. Nah bila di Majalengka, tempat take off-nya berada di lereng Gunung Panten. Paralayang di Majalengka sendiri mulai dirintis sejak tahun 2011 dan berkembang hingga sekarang. Tercatat sudah dua kali diladakan kejuaraan nasional (Kerjurnas) di Gunung Panten Majalengka, selain itu Paralayang Gunung Panteng sudah diakui dan teruji baik  oleh atlet internasional dari Slovenia dan Serbia yang datang pada tahun 2012.

2014-06-03 17.13.15

Olahraga Paralayang di Majalengka semakin berkembang, sehingga sudah mulai banyak putra-putri Majalengka menggeluti bidang olahrga ini. Hal ini di dibuktikan dengan diraihnya medali perunggu pada ajang Porda Jabar tahun 2014 oleh atlet putri paralayang Kabupaten Majalengka.

DSC_0991

Kalo Gantole atau Layang Gantung serta yang lebih dikenal sebagai Hang Gliding mulai banyak mengangkasa di langit Majalengka setelah Paralayang. Sehingga tempat take off Gunung Panten tidak hanya dipenuhi oleh mereka yang ingin berolahraga Paralayang tetapi juga oleh mereka yang berolahraga Gantolle. Karena kondisi terbang di Gunung Panten yang teruji cukup baik untuk terbang gantolle maka beberapa bulan yang lalu pada tahun 2015 ini, dilaksanakan Kerjuaraan Nasional Gantolle seri II dalam ketepatan mendarat.

DSC_0992

Baik olahraga paralayang dan gantolle di Majalengka sudah mulai tenar ke berbagai daerah hingga tingkat nasional, hal ini dikarenakan Gunung Panten Majalengka memilki kondisi yang cukup baik untuk olahraga ini serta lokasinya yang tidak begitu jauh dari pusat Kota. Selain itu Majalengka menjadi alternatif tempat apabila lokasi paralayang/gantolle yang lain sudah sering di gunakan atau terlalu penuh karena banyaknya yang menggunakan. Tidak hanya atlet yang dapat menikmati olahraga ini, akan tetapi pengunjung atau wisatawan pun bisa menikmatinya, namun sebelumnya harus memeasan terlebih dahulu karena tidak setiap waktu ada operator berada di sini. Untuk sekali terbang tandem paralayang sekitar Rp.350.000 adapun untuk Gantolle sekitar Rp.450.000. Bagaimana tertarik mencoba?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s