Gerbang/Gapura Pemakaman Belanda

Menengok Keberadaan Pemakaman Belanda di Majalengka

Keberadaan pemakaman Belanda di Majalengkan mungkin tidak banyak diketahui oleh warga Majalengka, seakan keberadaanya terlupakan. Pemakaman Belanda di Majalengka terletak di Kelurahan Cicurug Majalengka. Tak jauh dari Balai kelurahan. Masyarakat sekitar biasanya menyebutnya Berkop atau Kerkop kata atau pelafalan yang ‘keseleo lindah’ orang pribumi dalam menyebut kata ‘Kerhkoff’ bahasa belanda yang diartikan berarti pemakaman.

Gerbang/Gapura Pemakaman Belanda
Gerbang/Gapura Pemakaman Belanda

Tidak diketahui sejak kapan pemakaman belanda ini didirikan. Sebelum masuk kedalam kawasan pemakaman ada sebuah gapura yang terlihat masih cukup kokoh dan samar-samar diatasnya terdapat sebuah tulisan dan hanya sebagain yang terlihat. Tulisan yang terlihat itu, tertulis ‘Memento Mori’ yang merupakan Bahasa Latin yang diartikan berarti ‘Ingatlah Akan Kematianmu’.

Salah satu bentuk makam di Kerkhoff
Salah satu bentuk makam di Kerkhoff

 

Makam yang diatasnya dibangun Tugu Obelisk
Makam yang diatasnya dibangun Tugu Obelisk

Makam makam belanda disini tersebar dan terdiri dari berbagai macam bentuk, ada yang dibentuk semacam tugu, ada yang dpayungi bangunan dan pula yang berbentuk seperti kebanyakan makam pada bentuknya. Lalu siapa yang dimakamkan disana. Biasanya makam belanda akan menuliskan nama dari orang yang meninggal tersebut dalam sebuah batu marmer. Nah hamper semua batu marmer penanda identitas dari pemilik makam tersebut sudah hilang. Terutama di makam-makam yang bentuknya cukup ‘mewah’. Lalu di makam-makam yang bentuknya ‘biasa saja’ nama ‘pemilik’ makam tersebut masih terukir di bangunan makam tersebut walau tidak jelas. Misalnya dalam 1 makam tertulis “Jalahade 1912” atau makam lainnya “Jalenoen, Geboren Pandeglang, Overlanden Madjalengka”

Salah satu nisan di Pemakaman Belanda
Salah satu nisan di Pemakaman Belanda

Keberadaan Makam tersebut semakin tersisihkan, dari penuturan warga sekitar pemakaman banyak makam belanda yang dibongkar untuk lahanya dibangun pemukiman warga dan akses jalan. Saat ini pun bangunan makam belanda banyak yang sudah sangat rusak, bahkan konon batu marmer yang menjadi penanda identitas ‘pemilik’ kuburan tersebut dulu banyak diambil untuk kemudian dijadikan kelereng oleh anak-anak sekitar.

Pemakaman belanda sebenarnya merupakan salah satu peninggalan sejarah, dan menjadi penanda bahwa di Majalengka dahulu warga belanda banyak tinggal di Kota Angin ini dan Semoga keberadaan Kerkhoff Cicurug ini bisa diperhatikan oleh pemerintah setempat.

 

@copyright infomjlk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s