Dokumentasi Admin @InfoMJLK

Situs Sanghyang Lingga, Situs Purbakala di Talaga

Situs Purbakala Sanghyang Lingga Dokumentasi admin @infoMJLK
Situs Purbakala Sanghyang Lingga
(Dokumentasi admin @infoMJLK)

Situ Sanghyang Lingga adalah situs purbakala yang terletak di Blok Sukamanah Desa Banjaran Kecamatan Banjaran.Terletak +- 100 meter sebelah barat dari Jalan Raya Majalengka-Talaga. Lokasi situs ini berada di tengah area persawahan area pemakaman. Lokasi masuk menuju situs ini melalui jalan setapak menuju area persawahan di samping kantor KUA Kecamatan Banjaran di Blok Sukamanah. Banyak nama sebenarnya dari situs ini ada yang menyebutnya Situs Dalem Pananjung karena terletak di dalam kompleks makan dalem pananjung, serta warga mengenalnya dengan sebutan batu sirit/silit karena (maaf) bentuknya yang menyerupai alat kelamin laki-laki.

Situs Sanghyang Lingga ini masuk kedalam pengawasan Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Serang. Dalam buku ‘Sejarah Tatar Sunda” karya Nina H. Lubis dkk terbitan tahun 2003, Situs ini adalah peninggalan tradisi pada masa megalitik yang terdiri dari sebuah menhir yang berbentuk phallus dalam posisi rebah yang bagian ujungnya ditopang oleh dua buah batu bulat (batu pelo) dan posisinya berada di antara dua buah menhir satu benbentuk phallus sedangkan satunya lagi berbentuk lingga yang dikelilingi oleh batuan andesit.

Situs yang sejenis dengan Situs Sanghyang Lingga ini ditemukan di pulau Nias, dan atas dasar kesamaan dan fungsinya maka Situs Sanghyang Lingga merupakan situs (kebudayaan) yang digunakan oleh sekelompok orang yang mempunyau kedudukan tinggi pada waktu itu.Onggokan batu merupakan gambaran gunung mahameru, Phallus melambangkan kekuatan ghaib yang memancar dari seseorang yang dipuja sementara adanya dua buah batu pelor melambangka jumlah kurban (binatang/manusa) yang ditaman sebagai penguat bangunan.

 

Dokumentasi Admin @InfoMJLK
(Dokumentasi Admin @InfoMJLK)

 

(Dokumentasi Admin @InfoMJLK)
(Dokumentasi Admin @InfoMJLK)

 

@copyright infomjlk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s