Curug Cilutung @infoMJL

Curug Cilutung, Air Terjun Tak Jauh dari Pusat Kota Talaga

Panorma Curug Cilutung
Panorama Curug Cilutung

Curug Cilutung, mungkin banyak orang yang tidak mengetahui adanya sebuah curug atau air terjun dari aliran sungai Cilutung, tetap memang benar adanya curug satu ini. Curug Cilutung terletak di Desa Campaga Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka. Terletak +- 29 KM dari Majalengka Kota, ibukota Kabupaten Majalengka.

Jalur menuju curug ini sama dengan jalur menuju kota kecamatan Talaga. Setelah sampai di Talaga kemudian belok menuju jalan mengarah ke Bantarujeg. ikuti jalur tsb lalu berbelok di kiri di perempatan kedua setelah mengarah ke jalan Bantarujeg. Setelah belok kiri itu kira-kira 50 M, belok ke arah kanan lalu ikuti saja jalur tersebut sampai jalan tersebut buntu. Bila kurang yakin bertanya saja kepada warga kemana jalan menuju Curug Cilutung. Akses cukup baik walau di musim hujan saat ini cukup banyak jalan berlubang.

Belok ke jalan tsb dari jalur Talaga - Bantarujeg
Belok ke jalan tsb dari jalur Talaga – Bantarujeg
Kemudian belok ke kanan di perempatan ini.
Ikuti jalur ini hingga jalur ini buntu.

Setelah jalan tersebut buntu lalu parkirkan kendaraan anda disana. kemudian cari tangga disebelah kanan lalu turun. Maka pengunjung akan menemukan tulisan di dinding tebing PLTM Talaga. Ya daerah tersebut dulunya adalah PLTM (Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro) namun saat ini sudah tidak digunakan lagi. Setelah sampai disana lalu susuri irigasi air yang mengarah ke selatan. Ikuti saja sampai terdapat jalan setapak mengarah turun ke sungai Cilutung. Hati-hati saat turun atau naik dijalur setapak ini karena saat musim penghujan ini tanah di jalan setapak tersebut licin. Ikuti jalur setapak tersebut sampai akhirnya berada di sisi sungai Cilutung.

Dari jalan buntu tsb lalu turun di tangga ini
Setelah tangga turun akan menemukan tulisan ini.
Ikuti jalur irigasi ini ( Ingat arah ke selatan/dari turun tangga belok kiri)
Belok kanan lalu ikuti jalur setapak menurun menuju tepi sungai

Setelah di tepi sungai maka akan mendengar gemuruh air dari Curug Cilutung. Pengunjung bisa melihat hamparan batu-batu besar dan aliran sungai Cilutung yang turun. Bila ingin melihat Curug Cilutung secara jelas maka harus turun kebawah curug, caranya? Ini yang cukup ekstrem karena harus meniti cadas dan berpegangan pada batu-batu. Bila tidak berani maka jangan memaksakan untuk kebawah. Bila sudah dibawah maka pengujung bisa menikmati panorma Curug Cilutung yang menawan yang memiliki aliran air yang deras. Selain itu dapat menikmati panorama pedesaan yang asri ditemani hembusan air dan angin dari Curug Cilutung.

Aliran Sungai Cilutung

Curug ini masih belum dikelola cukup baik, dilihat dari akses jalur dan fasilitas pengunjung. Akan tetapi curug ini bisa menjadi pilihan bagi mereka yang menyukai wisata dan juga disertai usaha ekstra menuju lokasi wisata tsb. Jadi bila Ke Talaga tidak ada salahnya berkunjung dan menikmati panorama Curug Cilutung.

Curug Cilutung @infoMJL

Curug Cilutung @infoMJLCurug Cilutung @infoMJL

Curug Cilutung @infoMJLK

IMG01253-20121231-0946

2012-12-31 09.43.58

@copyrightInfoMJLK

2 thoughts on “Curug Cilutung, Air Terjun Tak Jauh dari Pusat Kota Talaga”