Patilasan Prabu Siliwangi Pajajar

Patilasan Prabu Siliwangi, Wisata Religi dan Alam

Patilasan Prabu Siliwangi 9 @infoMJLK

Objek wisata ini mungkin sudah tidak asing lagi. Ya objek wisata patilasan Prabu Siliwangi menyajikan objek wisata yang lengpa, dari wisata budaya, wisata alam dan wisata air.

Objek Wisata Patilasan Prabu Siliwangi berjarak +- 19 KM dari pusat Kota Majalengka, atau berada di Desa Pajajar Kecamatan Rajagaluh. Akses yang bisa ditempuh untuk menuju lokasi ini dengan menggunakan kendaraan umum adalah menuju terminal Rajagaluh dan cari angkutan umum (biasanya mobil bak terbuka) menuju Desa Pajajar lalu turun di Alun alun Desa Pajajar lalu selanjutnya berjalan kaki menuju lokasi wisata. Bila menggunakan kendaraan pribadi bisa langsung menuju Desa Pajajar dan dan langsung parkir di dekat pintu masuk objek wisata.

Gerbang masuk objek wisata Prabu Siliwangi
Gerbang masuk objek wisata Prabu Siliwangi

Di objek wisata ini terletak disebuah kawasan hutan kecil yang memiliki pohon-pohon yang besar dan rimbun, sehingga membuat udara di objek wisata ini terasa sejuk. Objek wisata ini memiliki 2 telaga, yaitu telaga pancur dan telaga emas yang sering juga di sebut sebagai Situ Cipadung.

Panorama Telaga Pancur
Panorama Telaga Pancur

Telaga pancur memilki air yang sangat bening dan jernih bahkan dasar telaga pun terlihat. Selain itu pun ikan-ikan yang tinggal di telaga ini dapat jelas terlihat. Karena airnya yang bening dan dingin, banyak pengunjung yang berenang di telaga ini. Air telaga ini berasal dari mata air yang mucul dari dasar telaga. Selain berasal dari mata air yang berasal dari dasar telaga, sumber air telaga ini berasal dari air yang disalurkan oleh pipa dan kemudian dipancurkan oleh patung yang berbentuk lumba-lumba.

Panorama Talaga Emas
Panorama Talaga Emas

Telaga emas atau Situ Cipadung lebih di tunjukan sebagai wisata air. Karena tersedia becak air yang disediakan pengelola untuk para pengunjung yang ingin mengelilingi telaga. Telaga ini tak kalah menawan dengan telaga pancur.

Objek wisata ini, sesuai dengan namanya tentu memiliki daya tarik utama, yaitu wisata ziarah dan budaya berupa patilasan Prabu Siliwangi. Patilasan ini dijaga oleh kuncen, dan banyak pula penziarah yang datang. Identik dengan Prabu Siliwangi, di wisata ini juga terdapat patung  Maung atau Harimau. tempat untuk ziarah lainnya adalah pancuran Cikahuripan atau Pancuran selendang widadari. Tempat ini merupakan tempat pemandian untuk para penziarah patilasan Prabu Siliwangi.

Objek wisata ini juga dilengkapi berbagai macam fasilitas, seperti toilet, mushola, saung, dan juga permainan anak serta flying fox. Warung-warung yang dikelola warga pun menyediakan makanan untuk para pengunjung apabila lapar.

Ayo kunjungi objek Wisata Patilasan Prabu Siliwangi.

Patilasan Prabu Siliwangi 4 @infoMJLK

Patilasan Prabu Siliwangi 1

Patilasan Prabu Siliwangi 2 @infoMJLK

Patilasan Prabu Siliwangi 3 @infoMJLK

Patilasan Prabu Siliwangi 8 @infoMJLK

Patilasan Prabu Siliwangi 5 @infoMJLK

Patilasan Prabu Siliwangi 6 @infoMJLK

Patilasan Prabu Siliwangi 7 @infoMJLK

 

@copyrightInfoMJLK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s