2014-06-03 16.32.00

Wana Wisata Gunung Panten, Dari Paralayang Hingga Menikmati Panorama Alam

Wana Wisata Gunung Panten terletak di Kelurahan Munjul Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka. Berjarak sekitar +-  7 KM dari pusat Kota Majalengka. Jalur yang bisa ditempuh untuk mencapai objek wisata ini dengan melewati Bundaran Munjul Indah kemudian mengarah ke selatan menuju Desa Sidamukti. Kondisi jalan cukup baik dan bisa dilalui oleh kendaraan roda 4 sampai lokasi take off palarayang dipuncak Gunung Panten.

Petunjuk arah area paralayang di Jalan KH Abdul Halim Munjul.
Petunjuk arah area paralayang di Jalan KH Abdul Halim Munjul.
Jalan menuju Desa Sidamukti
Jalan menuju Desa Sidamukti
Gerbang masuk Desa Sidamukti sekaligus jalan menuju wisata Paralayang
Gerbang masuk Desa Sidamukti sekaligus jalan menuju wisata Paralayang
Pertigaan ini ambil arah kanan menuju area Paralayang Gunung Panten,
Pertigaan ini ambil arah kanan menuju area Paralayang Gunung Panten,

Objek wisata ini dirintis sejak tahun 2010. Dibukanya wisata  terutama Paralayang ini didukung oleh Pemkab Majalengka, Tercatat sudah dua kali diselenggarakannya kejuaraan nasional paralayang dan satu kejuaran nasional Gantolle di tempat ini. Naik daunnya tempat paralayang ini bahkan menarik minat atlet paralayang internasional.

Di tempat ini pengunjung bisa menikmati panorama Kota Majalengka dari ketinggian. View terbaik untuk melihat pemadangan Kota Majalengka adalah sore hari pada saat musim kemarau, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan daratan Majalengka dan tentunya Gunung Ciremai yang tegak kokoh di timur Majalengka.

2014-08-23 16.34.48

 

2014-03-01 06.05.53

Tak hanya menikmati panorama dari ketinggian, yang bernyali bisa menikmati terbang tandem dengan paralayang. Ya biasanya tiap akhir pekan ada operator paralayang yang biasa berlatih di objek wisata ini, namun tak hanya berlatih biasanya mereka pun biasa menyediakan fasilitas terbang tandem bagi pengunjung yang ingin mencoba terbang di ketinggian dengan paralayang, Bagaimana tertarik?

2014-06-03 16.32.00

2014-06-03 17.15.34

Tak hanya itu Wana wisata ini juga menyuguhkan wisata heritage/sejarah karena di selatan wisata paralayang terdapat situs makom/petilasan Prabu Siliwangi dan juga sesepuh desa pada jaman dahulu. Tempat ini berada di tengah hutan lindung, sehingga pengunjung dapat menikmati kesejukannya. Tak hanya itu puluhan kera ekor panjang pun mendiami hutan ini.

Sehabis puas melihat pemandangan landscape Majalengka atau berkunjung ke Hutan Lindung Gunung Panten, pengunjung juga bisa membawa buah tangan berupa Mangga Gedong Gincu yang memang di daerah sekitar Sidamukti merupakan daerah penghasil mangga gedong gincu.

Bagaimana tertarik melihat pemandangan Kota Majalengka dari atas, atau bisa mencuri-curi kesempatan bila saat ada kejuaraan menikmati sensasi terbang di atas Kota Majalengka? Silahkan kunjungi Wana Wisata Gunung Panten.

Lapangan Cibatu sebagai tempat landing Paralayang.
Lapangan Cibatu sebagai tempat landing Paralayang.
Lapangan Cibatu yang difasilitasi gazebo.
Lapangan Cibatu yang difasilitasi gazebo.

2014-06-03 16.31.52

 

@copyright infoMJLK

19 thoughts on “Wana Wisata Gunung Panten, Dari Paralayang Hingga Menikmati Panorama Alam”

  1. sebagaii warga majalengka,, slalu mendukung dalam perkembangan yang selama ini pemerintah kabupaten majalengka sedang laksanakan, semoga majalengka semakin berkembang dan maju.

  2. Siapa saja bisa menikmati terbang tandem Paralayang di Majalengka … Mangga diantos… you are welcome to enjoy the tandem flight di Gn Panten Majalengka

  3. Saya sebagai orang sidakmukti sangat mendukung tempat wisata ini,cuma saran saya antara ke dua desa yaitu desa sidamukti dan desa munjul harus mendukung demi kemajuan tempat wisata ini.

  4. Ada tiga tempat wisata di majalengka khususnya di desa sidamukti yaitu tempat wisata paralayang,gunung panten dan curug sempong ke tiganya sangat berdekatan bisa ada menempuh tiga tempat wisata sekaligus.ayooooo!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s