Curug Baligo 5 @infoMJLK

Curug Baligo, Air Terjun Tertinggi di Kawasan Sindangwangi

Curug Baligo 2

Majalengka tidak pernah kehabisan tempat wisata. Banyak destinasi wisata baru di Kabupaten Majalengka bermunculan. Wisata Curug atau Air Terjun memang sudah biasa, namun karateristik bentuk ait terjun itu sendiri membuat setiap wisata air terjun memiliki perbedaan. Wisata curug banyak terdapat di Kabupaten Majalengka, Salah satunya adalah Curug Baligo yang sedang naik daun.

Curug Baligo terletak di Blok Baligo Desa Padaherang Kulon Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka. Curug Baligo berjarak +-23 KM dari Majalengka Kota. Menuju objek wisata ini bisa melewati jalur Rajagaluh-Cirebon kemudian berbelok menuju Desa Lengkong Kulon.

Dari Balai Desa ini belok kiri menuju objek wisata Curug Baligo
Dari Balai Desa ini belok kiri menuju objek wisata Curug Baligo

Setelah itu belok kiri di balai Desa Lengkong Kulon, terus ikuti jalan tersebut sampai bertemu dengan spanduk betuliskan Curug Baligo. Pengujung bisa memparkir kendaraan di lahan yang disediakan oleh warga. Jalan menuju jalan masuk curug ini relatif baik, bisa di lalui kendaraan roda 4 maupun 2, hanya saja untuk parkir kendaraan roda 4 cukup sulit.

Spanduk petunjuk arah menuju Curug Baligo.
Spanduk petunjuk arah menuju Curug Baligo.

Dari tempat parkir kendaraan pengunjung harus berjalan kaki untuk menuju lokasi Curug Baligo. Kurang lebin 500 M harus ditempuh dengan berjalan kaki. Jalan menuju Curug Baligo merupakan jalan setapak dengan dominasi merupakan tanah merah dan sebagian sudah bersemen. Namun jarak yang lumayan tersebut diobati oleh pemandangan alam dan persawaahan yang hijau, dan bila beruntung dapat melihat burung elang yang sedang terbang hutan sekitar curug baligo.

Jalan setapak menuju Curug Baligo yang sudah di semen.
Jalan setapak menuju Curug Baligo yang sudah di semen.
Jalan menuju Curug Baligo dan pemandangannya.
Jalan menuju Curug Baligo dan pemandangannya.

Curug dengan ini memiliki ketinggian cukup tinggi, namun untuk mencapainya harus dengan tenaga dan usaha ekstra, karena harus menyusuri sungai dan meloncat dari batu ke batu dengan medan yang cukup menantang. Namun akan tetapi perjuangan tersebut terbanyarkan dengan percikan air dan pemandangan Curug Baligo yang menawan. Objek wisata ini nampaknya belum cukup terkenal di kalangan warga Majalengka, karena pada saat penulis berkunjung kesana lebih banyak warga luar daerah menikmati objek wisata ini.

Panorama Curug Baligo
Panorama Curug Baligo

Nampaknya objek wisata Curug Baligo ini perlu mendapat perhatian dari pemerintah daerah. Selain promosi yang kurang juga mengenai infrasrtuktur dan pengelolaan yang masih seadanya. Nampak dari tidak adanya akses yang mudah menuju Curug Baligo dan kurangnya tempat sampah untuk para pengunjung, sehingga sampah tercecer dimana-mana. Namun tetap saja Curug Baligo menawan dan layak untuk dikujungi, dengan alam yang masih asri dan suasana yang sejuk memberikan nilai tambah untuk objek wisata ini. Silahkan berkunjung ke Objek Wisata Curug Baligo Sindangwangi.

Curug Baligo 3

Curug Baligo 4 @infoMJLK

Curug Baligo 5 @infoMJLK

Curug 6 @infoMJLK

@copyrightInfoMJLK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s