@CopyRight InfoMJLK

Curug Muara Jaya, Air Terjun Paling Tersohor di Majalengka

Curug Muara Jaya 1

Banyak objek wisata berupa air terjun (dalam bahasa sunda berarti ‘Curug’) di Kabupaten Majalengka. Salah satu objek wisata curug yang sudah sangat terkenal adalah Curug Muara Jaya. Curug Muara Jaya berada di Desa Argamukti Kecamaran Argapura Kabupaten Majalengka. Jarak tempuh dari Pusat Kota Majalengka berjarak +- 21 KM. Rute untuk menuju Curug Muara Jaya yaitu dari Majalengka Kota menuju Maja lalu berbelok kiri setelah terminal maja atau sebelum jembatan Cilongkrang. Lalu terus menyusuri jalan menuju Desa Argalingga. Jalan yang dilalui berkeloka dan menanjak. Sepanjang perjalanan anda dapat menyaksikan pemandangan pegunungan, dan ladang-ladang pertanian sayur mayur. Setelah Desa Argalingga anda akan bertemu pertigaan Cipanas, arahkan kendaraan anda menuju desa Argamukti atau belok Kanan, dari situ tinggal mengikuti jalan hingga menemukan plang arah masuk menju area parkir kendaraan di objek wisata Curug Muara Jaya.

Pemandangan di jalan menuju curug muara jaya

Area parkir di obejk wisata ini cukup luas. Setelah membayar karcis masuk, pengunjung haru berjalan sekitar +- 300 M untuk mencapai curug ini. Sepanjang perjalanan pengunjung dapat menikmati suasana pegunungan yang sangat sejuk. Jalan menuju objek wisata ini sudah di paving block. Pengunjung jg harus menuruni ratusan anak tangga untuk mecapai curug ini, namun jangan khawatir bila anda lelah tersedia temapat duduk yang disediakan warung-warung milik warga.

Luas area kawasan objek wisata ini seluas +- 2 hektar. Bentuk curug sendiri terdiri dari 3 undakan atau tingkat. Curug yang tertinggi adalah curug yang terletak paling atas dengan tinggi 73 M. Di curug ini anda bisa bermain air atau hanya sekedar menikmati hembusan angin yang tercipta dari air yang turun dari air terjun ini. Debit air di curug ini tergantung musim, bila musim kemarau airnya bening namun debitnya sedikit, sedangkan musim hujan air disini sedikit keruh namun dengan debit air yang besar. Harap berhati-hati pula bila mana berkunjung pada musim hujan, terkadang debit air tiba-tiba membesar dan terjadi banjir.

@CopyRight InfoMJLK

@copyrightInfoMJLK

Fasilitas yang tersedia disini adalah area parkir, toilet, mushola, dan warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman ringan. Silahkan berkunjung ke objek wisata Curug Muara Jaya, dan nikmati pula suasana udara yang sejuk di kaki Gunung Ciremai.

@copyrightInfoMJLK

One thought on “Curug Muara Jaya, Air Terjun Paling Tersohor di Majalengka”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s