Situ Sangiang 1 @infoMJLK

Situ Sangiang, Danau Terluas di Majalengka

Situ Sangiang, merupakan salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Majalengka. Terletak di Desa Sangiang Kecamatan Banjaran, atau berjarak kurang lebih 27 KM dari pusat ibukota Kabupaten Majalengka menuju arah Kecamatan Talaga atau Cikijing. Luas Keseluruhan objek wisata ini kurang lebih 105 Hektar sedangkan luas Situ (Telaga) Sangiang sendiri seluas 14 Hektar. Situ Sangiang masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai, Sehingga pengelolaannya pun dilakukan oleh pihak Taman Nasional Gunung Ciremail (TNGC).

Loket masuk objek wisata Situ Sangiang.
Loket masuk objek wisata Situ Sangiang.

 

Site Plan Kawasan Situ Sangiang
Site Plan Kawasan Situ Sangiang

 

Objek wisata Situ Sangiang masih sangat asri hutan rimbun masih mengelilingi situ tersebut, padahal disekililing hutan tersebut sudah beralih fungsi menjadi ladang para penduduk sekitar. Dari loket masuk hingga tepi Situ, Baraya akan disuguhkan rimbun dan lebatnya pepohonan bahkan baraya bisa melihat beberapa pohon dengan diameter sangat besar. Selain itu suara satwa, macam burung, kera atau lutung yang mendiami hutan di sekeliling Situ Sangiang seakan menyambut kehadiran para pengunjung yang akan masuk menuju area Situ tersebut.

Jalan Menuju Situ Sangiang
Jalan Menuju Situ Sangiang

 

Di Objek Wisata Situ Sangiang ini pula terdapat makam Sunan Parung. Sunan Parung dipercaya adalah salah satu raja dari Kerajaan Talaga Manggung. Makam Sunan Parung sering diziarahi oleh para penziarah bukan hanya dari wilayah Majalengaka tetapi juga berasal dari luar daerah. Makam Sunan Parung dijaga oleh kuncen.

Situ Sangiang
Situ Sangiang

 

Panorama Situ Sangiang dan Gunung Ciremai
Panorama Situ Sangiang dan Gunung Ciremai

 

Setelah melalui hutan maka pengunjung akan tiba di tepi Situ Sangiang. Hamparan air yang menciptakan riak air karena sapuan angin memanjakn mata pengunjung. Udara yang sejuk akan menambah rasa asrinya Situ Sangiang. Situ Sangiang ini didiami oleh berbagai jenis ikan dan tidak ada satupun pengunjung yang berani menangkapnya. Karena menurut kepercayaan masyarakat setempat ikan-ikan itu merupakan penjelemaan prajurit Kerajaaan Talaga Manggung. Ya Situ Sangiang memang erat kaitannya dengan Legenda Prabu Talaga Manggung dan kedua Anakannya Raden Panglurah dan Ratu Simbarkecana. Ikan-ikan yang ada di dalam situ bisa diberi makan oleh pengunjung dan uniknya para penduduk sekitar, berjualan dan menyediakan roti untuk pakan ikan tersebut, Unik Bukan?. Pengunjung pun bisa bermain main air situ. Hal unik lainnya dari Situ Sangiang ini adalah pada saat musim kemarau air situ akan bertambah banyak sedangkan pada saat musim hujan justru air situ akan berkurang.

Fasilitas di Situ Sangiang cukup baik, selain loket karcis juga tersedia parkir, toilet, dan tempat istirahat. Harga tiket masuk Objek Wista Situ Sangiang adalah Rp. 3000,- (2011). Akses Jalan menuju Situ Sangiang saat ini sudah cukup bagus, sudah diperbaiki dengan cara hotmix. Hanya belum ada transportasi umum menuju Situ Sangiang ini.

Tertarikah anda mengunjungi Situ Sangiang dengan legenda Kerajaan Talaga Manggungnya? Silahkan berkunjung di salah satu objek wisata Kab. Majalengka

 

Situ Sangiang 2

@copyrightInfoMJLK

7 thoughts on “Situ Sangiang, Danau Terluas di Majalengka”

  1. situ sangaing, dah lama saya tak kesana, padahal aku lahir di legok desa sangiang, tapii tak tahu perkembangan desa, aku berharap walau aku jauh di negri jiran, moga Allah jaga kampung ini, dan jadikannya sebagai kampung yang penuh kedamain, kekeluargaan dan di berkati..amiin..

  2. Stlh baca ini, jd spt nostalgia k sy pernah ke situ sangiang, tp itu sdh lama bgt ketika sy ikut pramuka di SMA Talaga. sekarang sy di banyuwangi jadi pgn lg ke situ sangiang. Kangen….

  3. waktu SD sekitar tahun 1986an saya pernah diajak keluarga kesana mengunjungi kerabat di daerah Talaga, sambil mampir ke situ sangiang benar adanya cerita dari mulut ke mulut bahwa ikan-ikan yang mendiami talaga itu pada menyambut pengunjung sambil keluar dari air…dan berjalan ngesot sekedar menyentuh ujung jari kita…seteleah itu kembali lg ke air….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s